Sejarah Es Krim di Dunia: Evolusi dari Salju Susu ke Gelato & Sorbet

Waktu Rilis:24 June 2024 Penulis:admin

Tahukah kamu kalau sejarah es krim berawal dari campuran salju serta susu dan beras di Tiongkok kuno? Ini menjadi awal perjalanan panjang es krim hingga sekarang Bingers bisa menikmati kelembutan dan rasa manisnya. 

Sekarang, es krim telah menjadi salah satu simbol kebersamaan yang hangat. Yuk, cari tahu tentang evolusi es krim yang mengejutkan ini.

Asal-usul Es Krim

Es krim berawal dari era Tiongkok kuno, sekitar 2000 SM. Mereka membuat hidangan penutup yang menyegarkan dengan mencampurkan salju alami dengan beras dan susu. 

Tekniknya berkembang hingga mereka punya metode untuk menyimpan es, seperti di Persia—yang disebut dengan yakhchal. Hal ini memudahkan mereka membuat hidangan penutup yang terbuat dari mie tipis bersama sirup buah dan didinginkan dengan es.

Praktik es lain yang populer di Timur Tengah dan Asia juga meliputi mencampurkan es dan jus buah untuk minuman penyegar. Popularitasnya mencapai puncak ketika para Firaun di Mesir menawarkan minuman ini ke tamu mereka—ini merupakan titik awal sejarah es krim sorbet

Sejarah Kuliner Es Krim di Eropa dan Amerika

Marco Polo disebut-sebut sebagai orang yang membawa es krim ke Eropa. Konon, Marco Polo menghabiskan waktu di Tiongkok kuno pada abad ke-13 dan kembali ke Italia dengan resep hidangan ini—meskipun bukti historisnya tidaklah kuat.

Italia kemudian mempopulerkan gelato dengan racikan yang bikin teksturnya padat dan rasanya intens. Sementara itu, es sorbet yang terkenal dengan sorbetto di Italia berkembang menjadi dessert untuk jamuan makan malam besar.

Francesco Procopio dei Coltelli tercatat sebagai orang yang memperkenalkan gelato di Paris melalui kafenya pada abad ke-17 sehingga populer di kalangan tokoh terkenal. Pada abad yang sama, Catherine de Medici yang menikah dengan Raja Henry II juga memperkenalkan es krim secara luas di Prancis.

Amerika Serikat mulai mengenal es krim di abad ke-18, setelah pembukaan kedai es krim komersial pertama di New York City pada tahun 1790. Popularitasnya meningkat berkat mesin es krim yang dipatenkan oleh Nancy Johnson pada 1843. Dengan menggunakan mesin ini, es krim memiliki tekstur lebih halus dan bisa diproduksi massal.

Es krim semakin bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat setelah Clarence Vogt mematenkan inovasi teknologi es krim bernama continuous freezer di abad ke-20. 

Tidak hanya itu, St. Louis World’s Fair tahun 1904 juga turut mempopulerkan es krim kerucut, yang hingga kini menjadi salah satu cara favorit menikmati es krim.

Ciri Khas Es Krim di Berbagai Belahan Dunia

Perkembangan es krim dari masa ke masa menjadikan kuliner ini bagian dari masyarakat di seluruh dunia. Sementara es krim menjadi camilan favorit keluarga, es sorbet berkembang menjadi dessert segar. Berikut adalah beberapa negara dengan es krim uniknya.

1. Italia dan Gelato

Gelato punya tekstur yang padat dan rasanya intens kalau kamu bandingnya dengan es krim biasa. Penyebabnya adalah komposisi susu yang lebih banyak daripada krim serta proses pengadukan yang lambat.

2. Kakigōri di Jepang

Jepang juga punya es krim yang unik lho, Bingers, namanya Kakigōri. Es krim ini berupa es serut bercampur sirup aneka rasa dengan susu kental manis di atasnya.

3. Es Puter di Indonesia

Indonesia punya es krim tradisional yang terbuat dari santan kelapa. Makanya, rasa es puter yang Bingers rasakan lebih gurih, ringan, dan agak berair daripada es yang berbasis susu.

4. Turki dan Dondurma

Selain kebab, Turki juga populer akan es krimnya yang bernama Dondurma. Es krim ini punya tekstur kenyal karena terbuat dari susu kambing, akar anggrek liar, resin tumbuhan, dan gula. Makanya, Dondurma tidak mudah leleh dan terlihat seperti adonan.

5. Kulfi di India

India membuat es krim dengan susu yang sudah direbus bersama rempah dan kacang-kacangan hingga mengental. Setelahnya, racikan ini masuk ke dalam cetakan logam untuk proses pembekuan—rasanya intens dan teksturnya padat.

Ciri khas ini tidak lepas dari cara unik setiap negara dalam menciptakan dan menikmati es krim. Selain itu, umumnya varian es krim mencerminkan selera lokal masyarakatnya.

Es Krim dan Simbol Kebersamaan

Momen bersama akan lebih hangat dengan adanya es krim. Kamu tentu sering melihat es krim di perayaan dan kumpul keluarga. 

Selain itu, es krim juga menjadi dessert yang cocok untuk segala usia—mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Makanya, tidak heran kalau menikmati es krim bersama-sama adalah pilihan sempurna.

Jadikan momen manis bersama orang-orang tercinta semakin tak terlupakan bersama es krim Bingxue. Dengan berbagai pilihan rasa yang menggoda, Bingxue tidak hanya memanjakan lidah tetapi juga menciptakan momen kebersamaan yang berharga, Bingers.

Sejarah es krim menunjukkan bagaimana makanan penutup ini berkembang dan menjadi bagian penting dari momen-momen kebersamaan kita. Yuk, kunjungi outlet Bingxue terdekat bersama yang tercinta!