Apa Itu Black Tea? Ini Ciri-Ciri dan Berbagai Teh Hitam yang Populer

Waktu Rilis:29 Juni 2024 Penulis:admin

Pernahkan Bingers bertanya-tanya kenapa teh, khususnya black tea alias teh hitam, tetap menjadi minuman pilihan meski kopi mendominasi banyak kafe? Black tea adalah minuman yang telah menjadi budaya di seluruh dunia. 

Sementara banyak orang memilih kopi sebagai pilihan caffeine kick di pagi hari, teh menawarkan alternatif serupa yang smooth dan menenangkan. Yuk, cari tahu lebih jauh tentang teh hitam dan cara terbaik menikmatinya!

Mengenal Teh dan Variannya

Masyarakat di dunia menjadikan teh dari bagian kehidupan sehari-hari mereka. Varian teh juga beragam, yang menawarkan karakteristik unik.  

1. Green Tea

Warna yang hijau alami berasal dari proses oksidasi daun teh yang relatif singkat. Makanya, green tea punya kandungan antioksidan yang cukup tinggi, yang sering berkaitan dengan manfaat kesehatan. Karakter rasanya segar sedikit astringent (asam atau pahit).

2. White Tea

Meskipun namanya ‘white’ bukan berarti warnanya putih, Bingers. Untuk menghasilkan teh ini, dibutuhkan tunas dan daun muda tanaman teh yang masih setengah mekar. 

Selain itu, proses oksidasinya sangat singkat sehingga rasanya smooth dan ada sedikit sentuhan manis. Antioksidan di dalamnya juga lebih tinggi dari jenis teh lainnya.

3. Oolong

Tingkat oksidasi pada daun teh oolong berada di antara teh hitam dan green tea. Makanya, rasanya cukup unik serta lebih kompleks dan memiliki aroma tertentu, seperti bunga atau buah.

4. Black Tea

Nama teh ini juga tidak jauh berbeda dengan karakter warnanya yang bervariasi, yaitu dari merah tua hingga hitam. Hal ini terjadi karena oksidasi penuh sebelum proses pengeringan daun teh. 

Menghasilkan rasa yang kuat, black tea adalah alternatif sumber kafein—walaupun tidak sebanyak kopi pada umumnya, Bingers. Manfaat black tea sering dikaitkan dengan metabolisme cepat, yang tidak lepas dari proses oksidasi penuh tadi.

Mengenal Black Tea dan Jenis-jenisnya

Hingga hari ini, peminat teh hitam terus meningkat. Hal ini juga bisa kamu lihat pada banyaknya produk kekinian yang banyak menggunakan campuran berbasis teh hitam. 

Lalu apa ciri-ciri teh hitam?

  • Warna cenderung gelap, meskipun tidak semua.
  • Notes cenderung smokey dan malty, ideal untuk beragam campuran.
  • Aroma yang intens.

Tapi tahukah kamu kalau teh hitam punya banyak varian? Faktanya, sebenarnya kamu sering menemukan teh hitam dalam kehidupan sehari-hari, lho!

Ini dia beberapa jenis black tea:

1. English Breakfast

Seperti namanya, English Breakfast Tea adalah jenis teh yang ideal untuk sarapan. Umumnya, penyajiannya menggunakan tambahan gula dan krimer atau gula sehingga kekayaan rasanya berimbang. Rasa yang kuat ini merupakan campuran dari berbagai kebun teh, seperti Kenya, Ceylon, dan Assam.

2. Kenya Tea

Kenya memiliki banyak perkebunan teh, yang sebagian besar untuk produksi black tea. Karakteristik teh hitam yang berasal dari negara ini cukup unik. 

Rasa yang pekat dan full terbentuk karena kandungan kafein yang cukup tinggi, sehingga enak untuk campuran teh sarapan. Kenya black tea juga memiliki warna merah gelap.

3. Teh Hitam Ceylon

Teh Ceylon ini berasal dari Sri Lanka—namanya dulu Ceylon. Rasanya unik dan segar dengan hint citrus yang bisa kamu rasakan. Aromanya juga ringan, seperti bunga-bungaan. 

Meskipun black tea, teh Ceylon punya warna merah keemasan yang cantik ketika diseduh. Ceylon sering menjadi bahan campuran untuk teh lain untuk menyeimbangkan profil dan rasa segar.

4. Darjeeling Tea

India adalah negara produsen teh ini. Letaknya ada di kaki pegunungan Himalaya, yang mampu menumbuhkan teh berkualitas dan rasa unik. Tidak heran kalau teh Darjeeling ini mendapat julukan “Champagne of Teas” karena rasanya. 

Aroma yang halus serta kompleks dan warna seduhan yang kuning muda hingga kecokelatan mengindikasikan rasa yang lembut dengan muscatel hint.

5. Russian Caravan Tea

Russian Caravan adalah teh yang terdiri dari berbagai campuran black tea India dan Cina, seperti Assam dan Keemun. Beberapa juga mencampurkan Lapsang Souchong sehingga aromanya jadi smokey. Warna seduhannya cokelat tua serta menawarkan rasa yang kuat dan rich.

6. Teh Keemun

Berasal dari daerah Qimen di provinsi Anhui, Cina, teh ini cukup terkenal karena kualitasnya yang sangat baik. Aromanya juga unik sehingga sering menjadi campuran banyak teh hitam lainnya. Warna seduhannya biasanya merah tua hingga cokelat pekat, yang mengindikasikan rasa kompleks.

7. Earl Grey

Rasa citrus dalam teh ini berasal dari minyak bergamot. Selain itu, Earl Grey adalah pilihan sumber kafein yang baik untuk kamu yang tidak bisa ngopi, Bingers. Tambahan minyak bergamot pada teh ini menghasilkan aroma citrus dan bergamot yang unik.

8. Assam Tea

Tumbuh di tanah Assam, India, teh ini sangat terkenal dan menjadi konsumsi orang-orang Eropa dan Amerika Utara. Rasanya yang kuat dan full-body menjadikan teh ini ideal untuk campuran breakfast tea, seperti English Breakfast dan Irish Breakfast. Aromanya kuat, seperti ada hint tanah tapi sedikit manis.

Sekarang kamu bisa menikmati teh Assam yang mendunia ini melalui Ice Cream Assam Black Tea dan Assam Black Tea dari Bingxue. 

Ice Cream Assam Black Tea menghadirkan kombinasi es krim yang lembut dan robustness dari teh Assam. Sementara itu, Assam Black Tea menawarkan minuman teh yang kuat dan menyegarkan, Bingers!

Jangan lewatkan kesempatan ini, Bingers. Kunjungi outlet Bingxue terdekat dan coba Ice Cream Assam Black Tea maupun Assam Black Tea—cara terbaik menikmati black tea adalah dengan Bingxue!