7 Manfaat Matcha untuk Kesehatan, Plus Rekomendasi Menu dari Bingxue!

Waktu Rilis:18 Agustus 2024 Penulis:admin

Matcha telah menjadi superfood populer yang banyak penggemarnya karena manfaat kesehatannya. Dari membantu menurunkan berat badan hingga meningkatkan daya ingat, manfaat matcha menjadikannya pilihan minuman yang menyehatkan tapi juga menyenangkan. 

Bingxue memahami tren ini dan menawarkan beberapa menu matcha yang Bingxers wajib coba. Kamu siap menemukan kelezatan yang menyehatkan dengan mencoba rekomendasi matcha dari Bingxue?

Manfaat Matcha yang Baik untuk Kesehatan

Khasiat teh hijau sangatlah banyak, sehingga salah satu caranya untuk menerapkan kebaikannya adalah dengan menjadikannya bubuk matcha. Matcha sendiri adalah bubuk yang berasal dari dan teh berkualitas tinggi yang digiling halus. 

Berbeda dengan teh hijau biasa, cara mengonsumsi matcha yang utuh memungkinkan semua nutrisinya terserap sempurna oleh tubuh. Manfaat kesehatan yang kaya juga menjadikan superfood satu ini populer di kalangan pecinta kesehatan. 

Berikut adalah manfaat utama matcha bagi kesehatan, yang menjadikan bubuk dari ekstrak teh hijau ini istimewa.

1. Mendukung Detoksifikasi tubuh

Detoksifikasi dengan matcha sangat mungkin karena kandungan klorofil di dalamnya. Zat hijau yang terkandung dalam bubuk ini sangat tinggi. Mengingat sifatnya yang membersihkan toksin dari darah, konsumsi matcha dengan dosis yang benar juga berarti memperbaiki fungsi hati[2].

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan kemampuannya mendorong keluar kotoran dari dalam darah, matcha juga berkontribusi dalam menjaga jantung tetap sehat. Antioksidan dalam matcha yang bernama katekin memungkinkan tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga berdampak positif ke jantung[1].

3. Meningkatkan Konsentrasi

Salah satu kandungan utama matcha adalah asam amino bernama L-Theanine. Kandungan ini membuat tubuh merasa tenang dan rileks tanpa menyebabkan kantuk[3]

Hal ini krusial dalam meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, sehingga matcha seringkali menjadi alternatif kopi untuk mereka yang membutuhkan konsentrasi dalam kehidupan sehari-hari.

4. Berpotensi Menurunkan Berat Badan

Metabolisme yang meningkat merupakan salah satu efek positif matcha. Hal ini juga mendorong kemampuan tubuh untuk membakar kalori lebih efisien—yang merupakan kontribusi dari katekin dalam matcha[4].

5. Meningkatkan Sistem Imun

Antioksidan yang menjadi salah satu kandungan utama dalam matcha juga berperan besar dalam menjaga sistem imun. 

Sel-sel tubuh mendapatkan perlindungan lebih dari antioksidan yang ada sehingga kerusakan akibat radikal bebas dapat diminimalisasi[1]—membantu tubuh melawan berbagai penyakit dan infeksi.

6. Kulit Sehat

Antioksidan yang terkandung dalam matcha juga berperan besar dalam menjaga kesehatan kulit. Selain memerangi radikal bebas, antioksidan katekin mencegah kerusakan kulit dari paparan ultraviolet di luar ruangan[1].

7. Meningkatkan Energi

Tahukah kamu kalau matcha mengandung kafein yang dilepaskan secara bertahap? Hal ini juga yang membuat matcha memberikan energy kick yang lebih stabil dan tahan lama daripada kopi. Dengan begitu, kamu lebih berenergi sepanjang hari tanpa khawatir efek “crash” yang datang setelah minum kopi[3].

Berbagai manfaat matcha untuk kesehatan menjadikannya superfood populer. Tidak hanya versatile, bahan yang satu ini menawarkan banyak keuntungan, terutama untuk kesehatan tubuh.

Rekomendasi Menu Matcha Kekinian dari Bingxue

Bingers sekarang biasa menikmati segala kebaikan matcha dengan mengonsumsi minuman kekinian favoritnya. Menu Bingxue berikut ini hadir dengan rasa yang nikmat serta banyak manfaat kesehatan yang tidak boleh kamu lewatkan.

1. Redbean Bing Shake

Alt text: Manfaat matcha

Deskripsi: Redbean Bing Shake

Menu ini merupakan perpaduan sempurna antara ice cream dan matcha shake yang diakhiri dengan topping kacang merah di atasnya. Selain creamy, Redbean Bing Shake ini menghadirkan raas yang rich serta segar. 

Kacang merah juga menambah tekstur unik dan rasa manis alami yang menyatu sempurna dengan matcha. Tidak hanya memanjakan lidah, kombinasi ini memberikan asupan gizi yang baik. 

Kacang merah, di sisi lain, menjadi sumber serat dan protein nabati, sehingga Redbean Bing Shake pilihan sehat yang menggugah selera.

2. Strawberry Matcha Ice Cream

Alt text: Manfaat matcha

Deskripsi: Strawberry & Matcha Ice

Rekomendasi berikutnya memadukan rasa matcha yang earthy dan manis-asam yang lezat dari buah stroberi. Menu ini menawarkan keseimbangan sempurna antara kedua rasa tersebut sehingga tercipta sensasi unik yang menyegarkan. 

Dengan setiap sendok, kamu bisa merasakan segarnya stroberi yang meleleh di mulut berikut dengan aftertaste matcha yang menenangkan. Menu ini cocok kamu santap untuk dessert sehat, apalagi setelah hari yang panjang dan bikin lelah. 

Tidak hanya nikmat, kombinasi matcha dan stroberi ini juga memberikan manfaat kesehatan—antioksidan dari matcha dan vitamin C dari stroberi.

Kedua menu ini sudah membuktikan sebagai hidangan penutup yang enak. Tidak berhenti di situ, menu Bingxue ini juga menawarkan cara yang seru untuk merasakan manfaat kesehatan matcha.

Dari membantu menurunkan berat badan hingga meningkatkan daya ingat, matcha adalah pilihan sempurna untuk Bingers yang ingin jaga kesehatan dengan cara yang lezat. 

Bingxue menghadirkan menu matcha yang tidak hanya enak, tapi juga sehat—seperti Strawberry Matcha Ice Cream dan Redbean Bing Shake. Nikmati kelezatan dan manfaat matcha dalam setiap suapan, dan rasakan sendiri bagaimana superfood ini bisa memberikan perubahan positif bagi kesehatan.