7 Cara Mengatasi Cuaca Panas, Bantu Cegah Dehidrasi & Masalah Kesehatan

Waktu Rilis:26 Juli 2024 Penulis:admin

Cuaca panas yang beberapa bulan belakangan ini kerap terjadi karena heat wave  memang meresahkan karena membuat aktivitas terasa lebih melelahkan. Tapi tenang aja, Bingers! Ada beberapa cara mengatasi cuaca panas ini  supaya kamu tetap semangat walau cuaca lagi panas-panasnya. 

Terjadi di banyak negara, termasuk Indonesia, penyebab cuaca panas semakin sering terjadi adalah karena adanya perubahan iklim global yang berdampak pada kenaikan suhu.[1] Tampak seperti masalah yang sepele, namun cuaca yang panas ini dapat menyebabkan dehidrasi, heat exhaustion (kelelahan), bahkan heat stroke. 

Lalu, bagaimana cara menghadapi cuaca panas di Indonesia yang cukup terik ini?

1. Perbanyak Minum Air Putih

Beraktivitas di bawah terik matahari memang bikin tubuh gampang kehilangan cairan. Nah, hati-hati ya, Bingers, kehilangan cairan ini bisa buat kamu dehidrasi. Nggak cuma haus, dehidrasi juga bisa bikin kamu lebih lemas, pusing, bahkan kram di kaki dan tangan. Kondisi ini namanya heat exhaustion

Untuk menghindari hal ini, kamu bisa minum lebih banyak air untuk menghidrasi tubuh. Orang dewasa yang beraktivitas di luar ruangan dianjurkan meminum sekitar 250 ml air setiap 15 hingga 20 menit untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.[2]

2. Makan Buah-buahan

Minum air putih emang penting banget, tapi kalau kamu lagi bosen,Bingers bisa coba konsumsi buah-buahan yang kaya air! Gak cuma menyegarkan dan nikmat di lidah karena rasa manis dan asamnya, buah-buahan ini juga punya vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.

Beberapa buah-buahan yang memiliki konsentrasi air yang cukup tinggi adalah semangka dengan 91% air, melon dengan 90% air, jeruk dengan 87% air, dan nanas dengan 87% air.

3. Memakai Sunscreen 

Cuaca panas memang bikin mood rusak, tapi bukan berarti kulitmu harus ikutan rusak juga lho, Bingers! Di tengah teriknya matahari, kulitmu butuh perhatian ekstra agar tetap sehat dan terawat. Salah satu caranya adalah dengan memakai sunscreen untuk melindungi kulit kamu dari kerusakan karena sinar UV.

Untuk perlindungan yang maksimal, Bingers dianjurkan memakai sunscreen dengan kandungan SPF 30 ke atas. Selain itu, mengingat cuaca yang panas akan buat tubuh kamu lebih berkeringat, pemakaian sunscreen yang water resistant juga lebih disarankan agar sunscreen tidak akan terhapus oleh keringat.

4. Lakukan Aktivitas di Tempat yang Teduh

Kalo kamu harus beraktivitas di luar ruangan, sebisa mungkin pilihlah area yang teduh, seperti di bawah pohon, payung, atau tempat-tempat lainnya dengan naungan. 

Metode ini membantu mengurangi paparan langsung sinar matahari yang dapat mempercepat kehilangan cairan tubuh melalui keringat.

5. Kenakan Pakaian Ringan dan Longgar

Apa yang harus dilakukan saat cuaca panas? Hindari memakai pakaian yang terlalu tebal karena hal ini dapat membuat kamu lebih mudah berkeringat sehingga lebih rawan dehidrasi. 

Pilihlah pakaian dengan bahan yang dingin dan ringan sehingga memungkinkan udara untuk mengalir dengan mudah melalui materialnya, misalnya bahan katun, linen, dan juga rayon. Sebaliknya, hindari pakaian dengan material poliester, akrilik, dan nilon. 

6. Dinginkan Ruangan dengan Air Conditioner

Cara mengatasi cuaca yang panas lainnya adalah menurunkan suhu tubuh. Nah, menyalakan air conditioner adalah cara paling mudah untuk menurunkan suhu ruangan dan membantu tubuhmu terasa lebih dingin. Udara yang sejuk akan membuatmu merasa lebih segar dan berenergi.

Mengapa air conditioner dan bukan kipas angin? Untuk suhu di atas 35 derajat, pemakaian kipas angin hanya akan mengarahkan udara panas ke tubuh Bingers, sehingga suhu tubuh justru akan semakin meningkat dan badan akan terasa lebih gerah.[3]

7. Minum Minuman yang Dingin

Cara mendinginkan badan saat cuaca panas yang nggak kalah efektif adalah meminum minuman dingin yang menyegarkan. Minum cairan dingin seperti minuman dengan es di dalamnya dapat membantu kamu menurunkan suhu tubuh dengan mendinginkan tubuh secara internal.[4]

Butuh rekomendasi minuman dingin yang nyegerin?  Nah, Bingxue punya banyak banget pilihan milk tea nyegerin dengan beragam pilihan rasa dan topping yang bisa bantu kamu melewati derita cuaca panas belakangan ini. 

Buat yang suka fruit milk tea, Bingxue punya Strawberry Milk Tea dan Pecach Milk Tea yang nyegerin abis. Buat yang suka rasa autentik, Bingxue punya Brown Sugar Bubble Milk Tea, Coconut Jelly Milk Tea, Jasmine Milk Tea, juga Red Bean Milk Tea. 

Gak cuma nyegerin tubuh dan ngilangin dahaga, kombinasi teh dan susu yang pas Bingxue dijamin bakal buat mood kamu naik lagi di tengah cuaca panas!

Butuh cara mengatasi cuaca panas yang cepat gak pake lama?  Jangan khawatir, Bingxue hadir untuk menyelamatkan harimu! Mampir aja ke gerai Bingxue terdekat dan pilih menu favorit kamu untuk nyegerin badan di tengah cuaca panas yang menyengat!