7 Tips Menghilangkan Stres saat Bekerja, Mudah dan Efektif!

Waktu Rilis:27 Juli 2024 Penulis:admin

Di era modern ini, tuntutan pekerjaan yang tinggi dan tekanan atasan bisa menjadi sumber stres bagi banyak orang saat bekerja. Jika dibiarkan menumpuk, stres ini bisa berakibat buruk, seperti burn out dan menurunkan kesehatan fisik. Yuk, mulai kurangi stres dengan ikuti tips menghilangkan stres saat bekerja di bawah ini!

1. Mengobrol dengan Teman

Ketika kamu merasa tertekan, berbicara dengan teman ternyata dapat membantu kamu meredakan stres, lho, Bingers.

Berdasarkan penelitian mengobrol dengan seorang teman dekat sekali sehari, baik untuk bercanda atau berbagai pikiran terbukti meningkatkan kebahagiaan serta menekan tingkat stres di penghujung hari.[1] Tapi ingat ya, teman yang dimaksud di sini adalah teman yang suportif dan pengertian.

2. Luangkan Waktu untuk Tidur Siang

Tidur siang di sela-sela pekerjaan atau power nap dapat mereduksi tingkat stres, meningkatkan fokus dan memori. Luangkanlah waktu sekitar 20 menit saat istirahat makan siang untuk tidur siang jika kamu merasa cukup stres saat bekerja. 

Setelah selesai bekerja, pastikan juga kamu memiliki waktu istirahat yang cukup di rumah. Tidur yang nyenyak dalam durasi yang ideal punya pengaruh besar terhadap kesehatan mental kamu. Selama tidur tubuh akan bekerja menekan level kortisol serta hormon-hormon lainnya yang berkontribusi terhadap stres.

Untuk orang dewasa, waktu tidur yang direkomendasikan adalah antara tujuh hingga sembilan jam. Jika kamu merasa kesulitan untuk bisa tidur, beberapa kebiasaan seperti menjaga kebersihan lingkungan tidur, memakai minyak lavender, hingga mengurangi intensitas cahaya bisa bantu kamu tidur lebih cepat dan lelap.

3. Menikmati Musik

Beban di kantor buat kamu stres dan pusing? Coba cara mengobati stres pikiran dengan beristirahat sebentar, memejamkan mata, dan mendengarkan musik. 

Penelitian menegaskan bahwa musik, terutama musik dengan kecepatan 60 ketukan per menit dapat membentuk gelombang otak alfa, yakni gelombang otak yang dapat mengurangi gejala depresi.[2]

Selain musik dengan 60 bpm, Bingers juga bisa coba cara menghilangkan stress dan cemas dengan mendengarkan suara-suara yang menenangkan, contohnya suara rintik hujan, guntur, dan kicauan burung. Suara-suara alam ini ampuh menurunkan tingkat stres.

4. Nonton Film atau Video Lucu

Apa yang bisa meredakan stres? Bingers bisa mencoba menghibur diri dengan menyaksikan cuplikan video lucu atau tontonan dengan aliran komedi. Kenapa harus video lucu dan komedi?

Gurauan dalam video lucu film komedi bisa bikin kamu tergelak dan tertawa terbahak-bahak. Menariknya, secara medis, tertawa adalah cara alami yang ampuh untuk meredakan stres dan kecemasan.[3] Jadi, saat kamu menikmati alur cerita film dan tertawa lepas, tingkat stresmu akan berkurang dengan sendirinya.

5. Memperbanyak Jalan Kaki

Tips cara menghilangkan stres selanjutnya adalah dengan menggerakan tubuh di tengah kesibukan kerja. Kegiatan yang melibatkan kegiatan fisik seperti berjalan kaki setelah duduk seharian bekerja secara umum dapat meningkatkan kesehatan mental. 

Kegiatan yang membuat kamu aktif secara fisik seperti berjalan kaki dapat menolong kamu menekan kehadiran hormon-hormon stres. Bukan hanya itu, hal ini juga menstimulasi produksi hormon endorfin yang akan menyulap suasana hati menjadi lebih baik.

Berapa lama sih, waktu ideal untuk melakukannya? Cukup 15 menit kamu sudah bisa mengurangi stres saat bekerja![4]

6. Pijat Tubuh

Pijat tidak hanya bisa mengurangi rasa pegal-pegal di tubuh. Lebih dari itu, memijat tubuh ternyata juga bisa bantu kamu menanggulangi stres. 

Sentuhan yang diberikan selama sesi pemijatan ternyata dapat mendorong perubahan biokimia yang mampu mengurangi kortisol (hormon stres) serta meningkatkan suasana dengan adanya peningkatan serotonin dan dopamin dalam tubuh.[5]

Gak perlu lama-lama, kok! Cukup luangkan waktu untuk sesi pijat selama 25 menit, kamu sudah bisa merasakan manfaatnya.

7. Makan Es Krim dari Bingxue

Bagi kamu yang suka kulineran, menyantap es krim Bingxue bisa menjadi cara mengobati stres pikiran lainnya, lho! Kok bisa?

Makanan yang enak punya dampak besar dalam meningkatkan suasana hati dan suasana hati yang baik ini dapat membantu kamu melawan stres. Maka dari itu, secara tidak langsung, mengonsumsi makanan yang enak seperti Bingxue bisa bantu kamu terbebas dari stres. 

Nah, ngomongin es krim, Bingxue punya banyak varian es krim yang dijamin bisa banget meningkatkan mood kamu dan meredakan stres. Salah satu yang wajib kamu coba adalah Mini Menu Bingxue. Ada apa aja?

Matcha Ice Cream 

Pernahkah kamu membayangkan kelezatan rasa teh hijau yang autentik berpadu dengan kelembutan es krim? Bingxue Matcha hadir untuk mewujudkan fantasi rasa tersebut! 

Bayangkan setiap suapannya adalah perjalanan rasa yang membawa kamu langsung ke Negeri Sakura. Dibuat dengan matcha berkualitas tinggi, es krim ini menyuguhkan rasa teh hijau yang kaya dan otentik.

Bingxue Ice Cream

Di saat pikiran penat dan stres melanda, rasa manis es krim vanilla dengan tekstur lembut dari Bingxue Ice Cream bagaikan pelukan hangat yang menenangkan jiwa.  Setiap suapan seolah menyapu semua kepenatan, memberikan ketenangan dan kebahagiaan yang sejenak mengalihkan perhatian dari segala beban.

Ayo, saatnya mengurangi stres pekerjaan sebelum berujung pada burn out atau masalah kesehatan lainnya! Ikuti tips-tips menghilangkan stres di atas dan buat suasana hati kamu lebih baik dengan makan es krim Bingxue. Segernya gak cuma nyegerin tenggorokan tapi nge-refresh pikiran!