Cuaca Panas? Ini 7 Minuman yang Wajib Dicoba agar Tetap Segar!

Waktu Rilis:27 Juni 2024 Penulis:admin

Mengetahui minuman yang cocok saat cuaca panas itu penting, lho, Bingers. Mengingat cuaca panas sedang melanda Indonesia akhir-akhir ini, menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah hal yang tidak boleh dianggap main-main. 

Selain bikin tubuh tidak nyaman, panas yang ekstrem juga berbahaya bagi kesehatan, apalagi kalau menyebabkan dehidrasi dan tidak tertangani dengan baik. Melalui artikel ini, kita akan cari tahu minuman apa yang segar dan ideal untuk mengatasi dehidrasi cuaca panas.

Bagaimana Cuaca Panas Bikin Dehidrasi

Risiko dehidrasi otomatis meningkat ketika kita harus berurusan dengan cuaca panas terus-menerus dan dalam waktu yang panjang. Penyebabnya adalah cairan tubuh yang hilang, terutama karena tubuh bekerja sangat keras untuk menjaga suhu tetap dingin ketika cuaca sedang panas. 

Makanya, kita berkeringat ketika kegerahan—ini adalah respon alami tubuh untuk meregulasi suhu. Apabila kamu abai dengan kondisi ini dan tidak segera menggantikan cairan yang hilang, maka dehidrasi semakin mengintai. 

Lalu apa saja tanda-tanda kalau tubuhmu sedang dehidrasi?

  • Haus berlebihan.
  • Kelembaban yang berkurang di sekitar kulit dan mulut.
  • Lemah dan lelah yang berkepanjangan.
  • Tekanan darah turun sehingga mengakibatkan pusing dan sakit kepala.
  • Urin berwarna lebih pekat dan menggelap. Ini bisa jadi indikasi dehidrasi berat.

Cuaca panas yang melanda ini mengharuskan kamu untuk lebih aware dengan kondisi tubuhmu sendiri, apalagi terkait dengan kecukupan cairan tubuh. Selain mengatur suhu tubuh, cairan yang cukup berfungsi untuk memastikan organ vital berfungsi optima, memelihara energi, dan mendukung fungsi cerna. 

Makanya, segarkan tubuhmu dan jaga asupan cairan harian dengan sungguh-sungguh, Bingers.

Minuman Apa yang Cocok untuk Cuaca Panas?

Selain air putih, ada banyak minuman segar dan menyejukkan yang wajib kamu coba untuk menemani hari-hari di musim panas ini, Bingers. Berikut adalah daftarnya.

1. Sop Buah

Mengombinasikan macam-macam buah dengan sirup manis dan susu adalah cara mudah untuk melepaskan dahagamu di cuaca yang panas. Es buah tropis ini umumnya disajikan di mangkok dan bisa kamu buat sendiri di rumah.

2. Air Kelapa

Kelapa memiliki air alami yang manis dan menyegarkan. Kandungan elektrolit yang tinggi juga menjadikan air bening ini dapat julukan isotonik alami. Kamu bisa meminumnya dengan es untuk kesegaran yang lebih terasa.

3. Es Teh dan Lemon

Teh lemon dingin memang tidak ada tandingannya untuk mengatasi dahaga di siang hari yang panas. Campuran teh yang menenangkan dengan air lemon yang segar dan es yang dingin menjadi racikan sederhana yang sempurna.

4. Lemonade

Kalau kamu tidak terlalu suka teh, kamu bisa bikin lemonade. Terbuat dari campuran air lemon dan gula, lemonade segar ini siap melegakan rasa haus dan gerah di cuaca panas kali ini.

5. Jus Semangka

Jus buah segar, terutama dari semangka, sangat cocok karena kandungan airnya yang tinggi sehingga tubuhmu tetap terhidrasi. Selain itu, rasa manis alami dan tekstur yang juicy serta kalori yang rendah membuat jus semangka bisa kamu nikmati tanpa rasa bersalah.

6. Es Cincau

Secara alami, cincau memiliki kemampuan bikin tubuh sejuk dari dalam. Apabila disajikan dengan es batu dan sirup gula merah, maka es ini cukup menghidrasi di hari yang panas.

7. Minuman dari Bingxue

Bingxue juga punya rekomendasi minuman segar yang ideal untuk jadi teman cuaca panas kali ini. Berikut adalah beberapa menu yang wajib kamu coba, Bingers.

  • Strawberry Milk Tea

Ini adalah campuran susu dan black tea racikan spesial dari Bingxue. Untuk menambah kesegaran, ada potongan buah stroberi segar—nikmat diminum ketika masih dingin.

  • Supreme Mixed Milk Tea

Bukan teh susu biasa, ini merupakan racikan milk tea spesial dari Bingxue. Teh hitam dan susu yang berpadu sempurna, ditambah campuran bobba dan nata de coco menjadikan minuman ini segar, manis, dan kaya akan tekstur.

  • Honey Peach Coconut Milk

Kombinasi madu, buah peach, susu, dan air kelapa menjadikan menu ini pilihan ideal di siang hari yang panas. Rasanya unik serta manis dan segar buah peach.

  • Brown Sugar Bubble Milk Tea

Menu ini khusus untuk kamu yang menyukai milk tea. Susu dan teh hitam yang berpadu dengan sirup gula merah akan langsung lumer di mulut. Tidak lupa, bobba kenyal yang lembut juga melengkapi minuman ini agar harimu semakin seru.

  • Lemon Assam Black Tea

Terbuat dari racikan teh Assam yang spesial dan sirup lemon serta potongan lemon segar, harimu langsung jadi segar setelah menyesap minuman ini. Rasa asam yang segar dari lemon berpadu nikmat dengan teh hitam Assam yang kuat.

Banyaknya pilihan minuman dari Bingxue memungkinkan kamu untuk menikmati kesegaran unik dan nikmat selain menyegarkan, Bingxue juga memberikan rasa yang memuaskan serta menjaga tubuh terhidrasi. 

Jadi, pastikan kamu mencoba minuman yang cocok saat cuaca panas dari Bingxue dan jaga keseimbagnan cairan tubuh sepanjang hari.