Mengenal Lebih Dekat Pengertian Franchise dan Kelebihannya

Waktu Rilis:24 Juli 2024 Penulis:admin

Dari sekian banyak model bisnis, franchise kini jadi salah satu yang paling digandrungi pebisnis karena menawarkan alur bisnis yang lebih aman dan pertumbuhan yang lebih stabil. Penasaran seperti apa model bisnis ini? Yuk, kupas tuntas pengertian franchise, keuntungannya, dan rekomendasi bisnis franchise yang menarik!

Apa yang Dimaksud dengan Franchise?

Secara garis besar pengertian dari franchise adalah metode memulai bisnis dengan memakai merek dagang, produk, serta material dari perusahaan yang telah cukup terkenal. 

Sebagai timbal baliknya, individu maupun perusahaan yang ingin memulai bisnis (penerima franchise) harus membayar uang muka atau royalti sesuai dengan kesepakatan kepada pemilik merek tersebut (pemberi franchise).

Hubungan antara pemberi franchise serta penerima  franchise tidak berhenti sampai pembukaan franchise saja. Kedua belah pihak akan saling bekerja sama dalam meningkatkan penjualan produk yang dijual melalui tata cara yang telah ditentukan oleh pemberi waralaba.[1]

Keuntungan Franchise

Deskripsi Gambar: Seorang pria dengan ekspresi bahagia.

Dibandingkan dengan bisnis independen, franchise lebih banyak diminati karena sejumlah keuntungan yang ditawarkannya, antara lain:

1. Progres Bisnis yang Lebih Cepat

Dalam dunia bisnis, membangun merek dari nol membutuhkan waktu yang cukup panjang. Butuh usaha keras untuk memperkenalkan merek, membangun reputasi, dan mendapatkan kepercayaan pelanggan. Namun, dengan franchise, proses ini tidak perlu kamu lalui.

Franchise menawarkan keuntungan utama berupa penggunaan merek yang sudah populer dengan reputasi baik. Konsumen sudah familier dengan produk atau layanan yang ditawarkan, sehingga mereka lebih cenderung untuk langsung mencoba dan percaya pada bisnis yang baru dibuka tersebut.

Selain itu, franchise datang dengan sistem bisnis yang sudah matang. Hal ini memungkinkan bisnis untuk berjalan lebih lancar dan efisien sejak awal sehingga bisnis bisa bertumbuh lebih cepat.

2. Tidak Perlu Pemasaran yang Besar-besaran

Dengan membuka franchise dari merek terkenal, kamu tidak perlu repot-repot membangun brand awareness dari nol. Logo dan nama brand yang sudah terkenal akan menarik pelanggan datang dengan sendirinya ke outlet sehingga biaya pemasaran dapat ditekan.

3. Tingkat Kegagalan yang Lebih Rendah

Dengan adanya dukungan dari pemberi franchise lewat pelatihan awal serta dukungan berkelanjutan, risiko bisnis yang merugikan bisa ditekan. 

Ini mencakup segala hal mulai dari operasional sehari-hari hingga strategi pemasaran, membantu penerima franchise menghindari kesalahan umum yang sering terjadi pada pengusaha pemula.

Tingkat keberhasilan bisnis franchise terbukti lebih tinggi dibandingkan bisnis independen. Menurut data, sekitar 20% bisnis independen tutup setelah dua tahun. Sementara 92% bisnis franchise masih bertahan dan bahkan berkembang setelah dua tahun.[2]

4. Proses Legalitas Bisnis yang Lebih Efisien dan Cepat

Dengan dukungan dari perusahaan pusat yang menjadi pemberi franchise, pengurusan izin usaha serta dokumen-dokumen legalitas akan jauh lebih mudah sehingga bisnis dapat terbentuk dengan lebih cepat.

Ini memungkinkan bisnis untuk segera mulai beroperasi dan melayani pelanggan dengan lebih cepat, sehingga memaksimalkan potensi keuntungan sejak awal.

5. Akses Pasokan dan Peralatan yang Lebih Terjangkau

Franchisee biasanya mendapatkan akses ke pasokan dan peralatan dengan harga yang lebih kompetitif berkat skala pemesanan oleh jaringan franchise yang lebih besar. 

Dari segi finansial, ini sangat menguntungkan daripada ketika kamu memulai bisnis sendiri dan harus membeli semua pasokan atau peralatan dengan harga normal.

Nah, apakah kamu bermimpi memiliki bisnis yang menguntungkan dan tak lekang oleh waktu seperti membuka franchise? Coba franchise makanan dan minuman! Bingxue, merek franchise es krim dan minuman kekinian asal Tiongkok, hadir sebagai jawaban tepat untuk kamu.

Bingxue, Pilihan Franchise Terbaik untuk Berbisnis

Bingxue adalah salah satu pilihan franchise yang patut kamu pertimbangkan untuk memulai bisnis. Berikut adalah beberapa keuntungan franchise Bingxue: 

1. Harga Terjangkau

Bingxue adalah contoh franchise yang menawarkan produk minuman dan ice cream kekinian dengan harga yang lebih terjangkau dari brand lainnya. Dengan harga yang bersaing ini, Bingxue memiliki potensi yang lebih besar untuk menarik perhatian konsumen dan lebih banyak diminati orang.

2. Banyak Varian Menu

Bingxue menghadirkan berbagai pilihan menu yang menggugah sesuai dengan selera pasar, mulai dari minuman segar hingga es krim kekinian. Bingxue juga selalu memberikan inovasi menu baru setiap tiga bulan untuk memanjakan lidah pelanggan dengan kuliner yang lebih beragam.

3. Cita Rasa yang Enak dan Kualitas yang Terjaga

Kepuasan pelanggan yang tinggi ini berdampak positif pada loyalitas pelanggan dan frekuensi kunjungan. Untuk itu, Bingxue hanya menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi dalam setiap resep minuman dan es krim untuk rasa yang enak serta kualitas yang terjaga.

4. Pengawasan yang Ketat

Bingxue menerapkan kontrol kualitas yang ketat memastikan bahwa semua produk Bingxue aman untuk konsumen dengan kualitas yang tinggi. Dengan pengawasan yang komprehensif ini, Bingxue memiliki reputasi merek yang baik di pasaran.

5. Proses Franchise yang Jelas dan Terstruktur

Bingxue adalah contoh franchise di Indonesia yang memiliki alur kemitraan yang jelas dan terstruktur. Mulai dari tahap konsultasi, survey lapangan, pelatihan, hingga pembukaan gerai, semua proses Bingxue lakukan secara transparan dan juga efisien.

Memahami pengertian franchise serta berbagai manfaatnya di atas, terlihat sangat jelas bahwa model bisnis ini sangat menguntungkan dan dengan memilih franchise Bingxue sebagai pilihannya, kamu telah berinvestasi dalam sebuah model bisnis yang telah teruji dan menguntungkan.